Kelebihan dan Kekurangan dari Kain Satin



Satin yaitu type kain yang ditenun dengan dengan memakai tehnik serat filamen hingga mempunyai ciri khas permukaan yang mengkilap serta licin. Sisi dalam atau belakang permukaan satin demikian sebaliknya tak licin serta tak mengkilap.

Satin mulai di kenal di daratan Eropa pada awal era ke-20, sesudah lebih dulu mengetahui kain sutera yang datang dari Tiongkok. Meskipun satin serta sutera mempunyai sebagian ciri khas yang serupa, keduanya memakai bahan serat yang tidak sama. Satin ditenun dengan serat buatan seperti polyster, sedang sutera memakai serat alami yakni ulat sutera. Alhasil, walau keduanya merasa lembut di kulit, satin mempunyai permukaan yang lebih kilat serta licin, sesaat sutera lebih halus serta enteng.

Satin disukai terlebih karna bikin si pengguna tampak glamor, sensual serta lebih feminim. Ada pepatah yang menyampaikan untuk wanita yang menginginkan menonjolkan segi sensualitas serta keseksian diri tanpa ada butuh memerlihatkan aurat badan, pakailah baju dari satin. Atau menginginkan sebatas menggoda, pakailah baju dari satin. Kemilau sinar yang dipantulkan oleh baju satin menarik perhatian serta tingkatkan gairah dari lawan type. Satin yang mengkilap diakui bakal membawa fikiran ke “alam fantasi” di banding bahan dari kain umum.

Saat ini, makin beberapa wanita memakai satin sebagai bahan blus atau baju wanita karna merasa tambah nyaman di badan, enak diliat serta diraba, baik untuk ke kantor bekerja sepanjang hari penuh ataupun untuk acara resmi serta non-formal yang lain. Blus satin pas dipadu-padankan dengan rok ataupun celana jeans. Terlebih dulu, satin sudah banyak dipakai sebagai bahan untuk baju pesta (dress) serta baju tidur (piyama atau kimono/robe).

Harga kain satin saat ini juga makin terjangkau, membuatnya makin banyak disukai.

Bahan satin mengkilap dengan permukaan yang halus, type kain ini umumnya terbuat dari sutra maupun berbahan rayon. Mutunya yang elegan jadikan type kain ini popular untuk gaun pernikahaan serta acara resmi. Tetapi, karna mutunya yang elegan type kain terbatas fleksibitasnya serta susah untuk dijahit.

Tersebut sebagian keunggulan ataupun kekurangan bahan ini :

  • Tampilan

Keunggulan serta Kekurangan Kain Satin

Bahan satin tampak elegan serta mahal karna permukaannya yang bercahaya, mengkilap. Hal semacam ini adalah keunggulan bahan ini, hingga banyak dipakai untuk acara-acara resmi, pesta serta gaun pernikahan. Disisi lain, karna penampilan bahan ini yang berkesan elegan, bahan type ini tidak sering dipakai untuk baju keseharian terkecuali acara resmi.

  • Sentuhan

Satin bahan yang lembut serta halus saat disentuh, hal itu bikin bahan ini jadi pilihan paling baik untuk bahan baju seperti piyama, sprei, serta baju dalam, karna kain ini lembut dikulit serta nyaman digunakan.

  • Fleksibilitas Kain

Keunggulan kain yaitu bahan ini enteng, pas untuk bikin pakain yang longgar. Dalam soal fleksibitasl, bahan ini tak dapat dijahit dengan detil yang tinggi karna bakal mengakibatkan kerusakan bahan.

  • Penjahitan

Karna satin berbahan licin, relatif susah untuk dijahit. Anda mesti ekstra hati-hati saat menjahit yakinkan jahitan tetaplah lurus.

  • Pencucian

Kain satin 100 % terbuat dari sutra, cuma bisa dicuci dengan tangan. Menjaga baju memiliki bahan satin memanglah lebih susah dibanding dengan baju yang dapat dicuci dengan mesin pencuci.

  • Penyetrikaan

Tehnik penenunan yang spesial bikin kain ini tampak mengkilap. Pakai setrika dengan hati- hati bila anda tidak mau mengakibatkan kerusakan kainnya.

Satin memanglah bukan bahan yang murah oleh karenanya senantiasa cermati langkah perawatannya hingga, kain itu tetaplah awet. Mudah-mudahan sebagian info di atas berguna ya!

Postingan Populer