Kain Velvet


Kain velvet adalah salah satu jenis kain tenun tafting dimana kain ini memiliki permukaan kain yang berbulu halus dan juga rata jika diperhatikan kain velvet terlihat berkilau dan lembut. Kain velvet ini juga dikenal sebagai kain berudru.

Jika diaplikasikan sebagai bahan pakaian jenis kain berudu atau kain velvet ini akan terlihat mewah dan glamor. Karena kelebihan tersebut kain ini banyak digunakan oleh kalangan menengah keatas dan sering juga ditemui dalam pakaian pengantin, salah satu contoh pakaian pengantin adat jogja menggunakan jenis kain ini untuk busana pengantin.

Jenis kain velvet dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatannya antaralain katun, sutra, viscos dan polyester. Selain jenis velvet biasa saat ini juga telah ada jenis velvet stretch yang bisa digunakan untuk pakaian kebaya dan pakaian pesta.Jika dilihat dari sejarahnya awalnya kain velvet dibuat dari serat sutra, dan terus dikembangkan ke jenis lainnya. Saat ini kain velvet tidak hanya polos saja tetapi sudah banyak muncul kain velvet motif dengan emboss

Postingan Populer