Kain Sutra Adalah .....


Kesempatan ini kita bakal sedikit mengulas mengenai kain sutra. Kita tentu kerap mendengar beberapa orang yang sukai beli kain di toko tengah mencari kain sutera. Banyak pula yang mengulas kalau kain ini populer dengan harga nya yang mahal. Namun sempatkah terlintas di fikiran kita mengenai apa sih sutra itu? mengapa harga nya mahal? Mengapa beberapa orang begitu menyenanginya untuk di buat jadi baju yang elegan? Nah, kajian di bawah ini bakal coba menjawabnya.

Sutera atau dapat juga dimaksud sutera yaitu bahan tekstil yang disebut hasil tenunan dari serat protein alami. Serat itu pastinya datang dari kepompong yang dapat kita peroleh dari hasil peternakan ulat sutra. Ulat sutra yang paling banyak diternakkan sekarang ini yaitu ulat sutra murbei atau (Bombyx mori). Terkecuali type sutra ini, kita dapat juga memperoleh sutra liar. Type ini didapat dari kepompong liar yang bukanlah hasil ternakan. Karna di proses dari type kepompong yang tidak sama, tentu ada ketidaksamaan diantara keduanya.

Kain sutra yang dibuat dari ulat ternakan bakal membuahkan kain yang memiliki struktur halus, lembut, bercahaya saat terserang sinar namun tetaplah tak licin sedang pada sutra yang datang dari kepompong liar teksturnya begitu tidak sama. Hasil produksi dari type ini dapat cukup terbatas. langkah pengambilan benang sutranya juga tidak sama. Sutra dari ulat ternakan, pertama-tama kita tentu telah bikin peternakan ulat sutra tersebut di tempat tinggal serta di beri murbei. Lalu sebelumnya ngengat dewasa keluar kita masukan atau celupkan pada air panas atau mungkin dengan langkah lain yakni dengan menusukknya memakai jarum. Dengan langkah tersebut jadi benang sutra yang dibuat tak putus serta bisa ditenun dengan cara prima, hingga membuahkan kain tenunan yang kuat serta bagus. Pada sutra liar, kepompong yang kita peroleh telah dipakai untuk keluarnya ngengat dewasa, hingga benang yang dibuat jadi lebih pendek. Jadi struktur kainnya juga tidak sama dengan sutra dari ulat ternakan.

Kain sutra benar-benar sangat disukai karna nyaman untuk dipakai. Saat digunakan kain ini dapat sesuaikan dengan suhu hawa ketika itu. Waktu cuaca panas, pakaian berbahan sutra bakal merasa sejuk bila kita gunakan, demikian halnya demikian sebaliknya, waktu cuaca dingin kita bakal terasa hangat saat menggunakan sutra. Terdapat banyak type kain sutra yang ada di sekitaran kita. salah satunya :
Sutra Katun. Type ini paling nyaman untuk kita pakai keseharian.
Sutra Satin. Sutra ini biasanya polos tanpa ada motif bunga serta permukaannya mengkilap atau glossy.
Sutra Sifon. Kain ini umumnya dipakai untuk baju yang dipakai pada acara spesifik. Kain ini memiliki tekstur halus serta transparan.
Sutra Tenun. kain ini biasanya mahal karna di buat dengan cara manual dengan Alat Tenun Bukanlah Mesin.
Setelah itu bagaimana langkah untuk menjaga kain sutra?
Agar warnanya tak gampang sirna, baiknya tak mencucinya dengan sabun yang memiliki kandungan bahan kimia sangat kuat. Tambah baik memakai sabun spesial untuk sutra
Janganlah sangat lama merendam sutra.
Setelah membersihkan kita tak perlu memerasnya. Segera dijemur saja.
Janganlah menjemur sutra dibawah cahaya matahari segera.
Ketika menyetrika sutra, pakai kain lain sebagai alas.
Taruh sutra lewat cara menggantungnya dengan memakai gantungan pakaian.
Nah, itu yaitu sedikit kajian mengenai kain sutra. Mudah-mudahan tulisan kesempatan ini berguna untuk beberapa pembaca.

Postingan Populer