Proses Pembuatan Kain Sutra Alam

Proses Pembuatan Kain Sutra Alam

Dalam dunia tekstil, pembuatan kain tdak lepas berbahan bakunya yakni berbentuk serat. serat di untuk dua yakni serat sintetik serta serat alami, tetapi dalam artikel ini saya bakal sharing mengenai serat alami terutama serat yang datang dari hewan.

Serat hewan yang umum dipakai yaitu serat domba serta sutra, serat domba umum di kenal dengan serat wol, serat wol ini telah lama di kenal, kain dengan serat ini memberi kehangatan untuk yang menggunakannya, terutama didaerah dingin. Hal semacam ini karena serat wol mempunyai kelenturan yang tinggi, dan daya renggangnya bisa meraih 35% dari panjang awal mulanya.

Untuk memperoleh serat yang lentur serta halus, umumnya dipakai serat dari domba merino. Mengenai domba merino ini, yakni adalah anak dari pasangan domba Tarantin (spanyol) serta domba Laodisia (asia kecil).

Terkecuali domba, serat yang umum dipakai yaitu serat dari hewan kambing serta kelinci anggora, karna kelinci anggora mempunyai bulu yang lembut serta tidak tipis.

Serat sutra lewat sebagian step sampai pada akhirnya jadi satu kain sutra yang bernilai jual tinggi, mengenai prosesnya seperti berikut :

Rendam kepompong ulat sutra di air panas untuk memperoleh ukuran benang sutra yang panjang
Membersihkan serta memutihkan benang sutra, maksudnya adalah untuk menyingkirkan kandungan lem pada sutra.
Penenunan yaitu sistem pembentukan dari benang-benang halus jadi satu kain. Dizaman modern ini orang banyak memakai mesin, hal semacam ini supaya mempersingkat saat serta menghemat daya.
Pencelupan, percetakan, serta finishing. Pada step ini yaitu step pemberian warna kain polos, dapat dengan cara rol bikin, ataupun sablon. Diluar itu pada step ini dapat dikerjakan bordiran supaya kain dapat tampak lebih indah.

Postingan Populer