Proses Pembuatan Sutra




Histori (sejarah ) Sutra

Awal mulanya, sutra adalah product exclusive Kekaisaran Cina atau Tiongkok. Sutra mulai di kenal di Cina mulai sejak sekitaran th. 2700 SM. Cuma bangsa Cina yang tahu rahasia pembuatan sutra sepanjang beratus-ratus tahun. Siapa saja yang mengungkapkan cara membuat sutra bakal dibunuh sebagai seseorang pengkhianat. Karna monopoli berikut yang bikin harga sutra sangat mahal, bahkan juga sepadan dengan emas pada saat itu.
Lantas pada th. 550 M, Kaisar Romawi Timur atau Bizantium yang bernama Juicetinian I kirim 2 biarawan yang menyamar sebagai mata-mata ke negeri Cina. Mereka sukses mengambil ulat sutra dari negeri Cina serta tahu langkah bikin sutra pada th. 552 M. Mulai sejak waktu itu, monopoli sutra bukanlah lagi punya Kekaisaran Cina.
Mulai sejak waktu itu, sutra diperkembang di semua lokasi Kekaisaran Romawi serta menebar ke semua dunia. Di Indonesia, sutra mulai di kenal mulai sejak era kesepuluh. Lalu pada th. 1718, bangsa Belanda membawa tehnologi untuk budi daya sutra di Indonesia. Mulai sejak waktu tersebut, sutra mulai diperkembang di Indonesia.

Ulat Sutera
Sistem Pembuatan Sutra

Sutra dibuat dari kepompong ulat sutra. Ulat sutra membuahkan kepompong yang bisa dipintal jadi serat sutra. Ada beberapa ratus type ulat sutra, tetapi sutra yang paling baik dibuat oleh kepompong dari ulat sutra pohon murbei yang mempunyai nama ilmiah Bombyx mori.
Induk sutra bisa menelurkan sampai 500 butir telur ulat sutra seukuran kepala jarum pentul. Sesudah sekitaran 20 hari, telur itu menetas jadi larva ulat yang begitu kecil. Larva ulat ini bakal mengonsumsi daun murbei dengan agresif. Sekitaran 18 hari lalu, ukuran tubuh larva ulat itu sudah jadi membesar sampai 70 kali ukuran badan awal mulanya dan empat kali ganti cangkangnya. Lalu larva ulat itu selalu jadi membesar sampai beratnya meraih 10. 000 kali berat awal mulanya. Ketika itu ulat sutra bakal berwarna kekuningan serta lebih padat. Tersebut sinyal ulat sutra bakal mulai membungkus dianya dengan kepompong.
Lalu kepompong di rebus supaya larva ulat di dalamnya mati. Karna bila dilewatkan, ulat bakal masak lantas menggigiti kepompongnya hingga tak dapat dipakai lagi. Sesudah ulat mati, serat di kepompong bisa di jabarkan jadi serat sutra yang begitu halus.

Satu buah kepompong sutra bisa membuahkan untaian serat selama 300 mtr. sampai 900 mtr. dengan diameter 10 mikrometer (1/1000 milimeter). Di semua dunia dalam setahun bisa membuahkan keseluruhan serat sutra selama 112, 7 milyar km. atau sekitaran 300 kali perjalanan pergi-pulang ke matahari dari bumi!
Lalu serat sutra yang halus itu dipintal. Serat sutra dipintal dengan sistem yang mirip sistem ketika ulat sutra memohonl kepompongnya. Sistem tersebut yang di buat jadi alat pemintalan serat sutra untuk di buat jadi kain sutra yang indah. Bahan kain dari sutra berikut yang lalu di buat jadi beragam product baju ataupun product yang lain. Sebagian batik kelas paling baik di Indonesia juga memakai bahan dari sutra.

Kelebihan Sutra

Waktu kenakan pakaian yang terbuat dari sutra, Anda bakal rasakan kenyamanan serta kelembutan berbahan sutra itu. Tetapi baju yang terbuat dari sutra mempunyai banyak kelebihan. Kelebihan serta kelebihan dari sutra diantaranya :
Sutra adalah bahan yang begitu kuat. Kemampuan sutra sepadan dengan kawat halus yang terbuat dari baja.
Sutra juga lembut waktu menyentuh kulit. Asam amino dalam serat sutra yang bikin sutra merasa lembut serta nyaman. Bahkan juga sutra bisa melindungi supaya terlepas dari beragam penyakit kulit. Pasti hal semacam ini bakal bikin penggunanya terasa nyaman.
Sutra mempunyai kekuatan menyerap yang baik hingga pas dipakai di hawa yang hangat serta tropis. Karenanya, tiap-tiap pengguna bahan sutra bakal terasa sejuk serta lebih kering walau hawa panas. Yang mengakibatkan bahan sutra dapat menyerap kelembapan serta cairan karna asam amino didalam serat sutra dapat menyerap lantas buang keringat.
Bahan sutra mempunyai ciri khas yakni bercahaya seperti mutiara. Hal semacam ini karena sebab beberapa susunan fibroin, yakni semacam protein yang dibuat ulat sutra, membuat susunan mikro yang berupa prisma. Susunan prisma berikut yang mengakibatkan sinar bakal disebar saat terserang bahan dari sutra hingga menyebabkan dampak kilau yang indah pada sutra.
Sutra mempunyai ketahanan pada panas serta tak gampang terbakar.
Satu diantara kekuatan istimewa sutra yaitu dapat membuat perlindungan kulit badan dari cahaya ultraviolet yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit.

Langkah Menjaga Bahan dari Sutra

Pasti sesudah beli baju yang terbuat dari sutra, Anda bakal menjaganya supaya tetaplah tertangani serta indah. Di bawah ini sebagian panduan supaya baju atau product kain yang terbuat dari sutra tetaplah tertangani :
Bila Anda mempunyai batik atau bahan baju dari sutra, jadi janganlah menyemprot minyak wangi atau wangi-wangian segera ke kain itu, terlebih batik sutra maupun kain sutra dengan pewarna alami.
Ketika membersihkan bahan dari sutra, baiknya Anda membersihkan di pencuci profesional dengan system dry cleaning, terkecuali Anda bisa lakukan sistem pencucian type itu. Tetapi Anda dapat juga mencucinya dirumah dengan deterjen yang lembut serta air hangat sekitaran 30° C. Janganlah diremas serta diperas. Biarlah kering sendiri dengan angin.
Anda dapat juga menyeterika bahan dari sutra. Jauhi menyeterika segera di permukaan sutra. Pakai kain atau baju untuk melapisi kain sutra Anda, lantas awalilah menyetrika.
Taruhlah bahan kain atau baju dari sutra ditempat yang kering serta tak lembab. Pakai hanger atau gantungan baju yang terbuat berbahan lembut, umpamanya dilapis busa.
Jauhi ngengat pada area untuk menyimpan baju atau kain dari sutra. Untuk mengusir ngengat, Anda bisa memakai akar wangi atau pengharum baju.
Jauhi menaruh baju atau kain dari sutra ditempat yang terserang cahaya atau sinar berlebihan seperti cahaya matahari
Sempatkah Anda memikirkan dari manakah asal kain sutra. Kain Sutra adalah satu diantara type kain yang kerap disukai oleh beberapa wanita.
Nah kesempatan ini saya bakal menerangkan sedikit tentang sistem pembuatan kain sutra yang mungkin saja untuk beberapa orang yang belum tahu.

Pengertian :

Sutra atau sutera adalah serat protein alami yang bisa ditenun jadi tekstil. Type sutra yang paling umum yaitu sutra dari kepompong yang dibuat larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu dimaksud serikultur). Sutra memiliki tekstur mulus, lembut, tetapi tak licin. Rupa berkilauan sebagai daya tarik sutra datang dari susunan seperti prisma segitiga dalam serat itu yang membolehkan kain sutra membiaskan sinar pada pelbagai sudut

Histori serta Legenda :

Sutera diketemukan serta dipakai pertama kalinya di Cina di bawah Kekaisaran Huang Ti (Yellow Emperor) sekitaran th. 2697 s/d 2597 Sebelumnya Masehi. Legenda menyampaikan kalau Lei-tzu sang Permaisuri kerajaan waktu itu tengah memerhatikan kepompong di pohon mulberry serta lalu mengambilnya, tanpa ada berniat kepompong itu jatuh di cangkir teh sang permaisuri. Waktu bakal mengambil kepompong itu sang permaisuri mengerti kalau kepompong itu lalu jadi berupa helaian benang yang halus serta panjang. Berikut awal pertamakali benang sutera diketemukan. Di Cina lalu permaisuri itu hingga saat ini di kenal sebagai Si Ling-chi atau Lady of the Silkworm.

Sejak itu Cina di kenal sebagai penghasil kain sutera yang populer di semua dunia. Banyak pedagang datang ke Cina untuk berdagang kain sutera Cina yang populer. Jalur perdagang itu lalu di kenal sebagai Silk Road atau Jalur Sutera

Postingan Populer