4 Jenis Kain Sutera yang Terkenal Dunia

Kain Sutera Alam
Kain sutra, satu kain yang mempunyai harga tinggi mulai sejak zaman jaman dulu ini adalah satu diantara komoditas dalam dunia usaha serta fashion dunia yang paling bernilai. Ada beragam hal dari kain ini yang menarik, dari mulai kilau naturalnya, mempunyai kecenderungan bakal warna yang kaya, daya serap tinggi, enteng namun kuat setara benang baja, penghantar panas yang jelek, hingga bikin penggunanya tetaplah terasa dingin di saat panas serta melindungi tetaplah hangat di saat dingin.

Sutra sendiri yaitu serat protein alami, satu bentuk materi yang bisa di tenun jadi kain. Ada 4 type kain sutra didunia yang umum kita dapatkan diproduksi serta di gunakan dalam lokasi komersial, di mana di antara beragam type itu, sutra dari ulat murbei yaitu dikira sebagai yang paling utama serta berperan pada sampai 90% sutra didunia, hingga kata sutra sendiri nyaris persamaan kata dengan sutra dari ulat murbei. 3 type kain sutra yang lain yaitu sutra non murbei, yakni sutra eri, sutra tassar serta sutra muga, serta beragam type seperti sutra anaphe, sutra fagara, sutra coan, sutra remis serta sutra laba laba, di mana berbahan rata rata didapat segera dari alam di lokasi Afrika serta Asia.
Mari kita bedah apa sajakah type kain sutra yang ada didunia serta sudah diproduksi dengan cara komersial itu.

Sutra ulat murbei

ulat murbei
Beberapa besar produksi sutra didunia yaitu diproduksi dari type sutra ini, sutra yang di hasilkan dari ulat sutra atau ulat murbei, Bombyx mori L. Ulat itu adalah ulat yang di ternakkan serta umumnya di kembang biakkan didalam ruang, nama ulat murbei di bisa dari type makanan dia yang cuma diberi makan dengan daun dari pohon murbei.
kepompong sutra ulat murbei

Sutra Tasar
Antheraea yamamai Querin
Ulat Tasar yang membuahkan sutra tasar ini yaitu ulat liar dari genus Antheraea. Dalam type ini sendiri saja terdapat beberapa type ulat tasar yang ikut serta, seperti Antherae pernyi Guerin dari China yang disebut penghasil sutra nomor dua sesudah ulat murbei. Disusul lalu oleh ulat type Antheraea mylitte Dury dari India serta Antheraea yamamai Querin yang disebut khas dari Jepang serta mempunyai benang sutra yang berwarna hijau.
kepompong sutra tasar hijau

Sutra Eri

Sutra eri sendiri yaitu type sutra yang di hasilkan baik oleh spesies Samia ricini serta Philosamia ricini. P. ricini yaitu ulat yang di ternak dalam pabrik penghasil minyak castor yang menghasilkan sutra berwarna putih atau merah bata yang popular dengan nama sutra Eri. Karna filamen yang di pakai untuk bikin kepompongnya tak selalu menyambung serta tidak seragam dalam ketebalannya jadi kepompong mereka tidak bisa di gulung. Jadi sang ngengat di biarlah keluar menembus kepompong serta barulah kepompongnya di gunakan untuk bahan sutra.
sutra eri

Sutra Muga

ulat sutra muga
Ulat sutra muga (Antheraea assamensis) sesungguhnya termasuk juga kedalam genus ulat tasar, namun membuahkan type benang yg tidak umum, yakni berwarna kuning emas, begitu menarik serta kuat. Type ini di ketahui cuma ada di lokasi Assam, India serta diberi makan dedaunan dari type Persea bombycina serta Litsaea monopetala

Postingan Populer