Jenis jenis Kain Sutera

Kain sutra kerap dimaksud sebagai ratunya kain , kain ini populer karna kemewahan serta kekuatannya mulai sejak beberapa ribu th. waktu lalu, pertama kalinya diketemukan oleh bangsa China serta saat ini sudah menyebar di semuanya negara

Kain ini memerlukan perlakuan/handling spesial, karna sebagian type sutra begitu rawan serta gampang rusak.

Sebagian type kain Sutra, diantaranya yaitu :


1. Sifone/Chiffon

Sutra transparan yang begitu kuat serta bagus, cukup susah handlingnya. Umumnya dipakai untuk baju acara spesifik serta over-blouse.

2. Crepe De Chine/Kain krep

berat medium, bentuk kainnya seperti kain kusut sisa perasan cucian 🙂 jadi agak kusut-kusut gitu. Medium weight, with an uneven surface due to the twisted silk yarn used.

3. Duchesse Satin

Kain satin “terberat” serta mahal, umumnya dipakai dengan cara exclusive untuk baju acara spesifik.

4. Dupion, Hand-Woven

Type kain sutra yang paling popular. Rajutan kainnya yang spesial mempunyai ciri bintil-bintil yang banyak (agak kasar gitu). Handling bahan lebih gampang. Umumnya dipakai untuk dres, jaket serta baju untuk acara spesifik.

5. Dupion

Serupa dengan nomor 4 namun rajutan memakai material yang lebih lembut untuk bintil-bintil di kain. Umum dipakai untuk dress, jaket serta baju untuk acara spesifik.

6. Georgette

Sutra yang lembut serta seperti film transparan. Umum dipakai untuk loose-fitting overshirt serta baju untuk acara spesifik.

7. Habutai

Datang dari Jepang, sutra yang lembut serta halus, juga umum dipakai untuk media melukis. Kain ini umum di buat shirt serta blouse.

8. Matika

Bahan sutra yg tidak tampak seperti sutra biasanya, karna coraknya seperti kain linen. Umum dipakai untuk jaket, dress serta celana.

9. Organza

Kain tidak tebal dengan tampilan yang krispy serta gampang kusut. Umum dipakai untuk blouse tidak tebal serta interlining.

10. Satin

Sutra kombinasi dengan satin yang beratnya ada yang begitu enteng hingga berat. Dipakai untuk bikin blouse, dress serta baju untuk acara spesifik.

11. Kombinasi Sutra serta Wool

Kain ini dibuat dari kombinasi serat sutra dengan wool. Umum dipakai untuk setelan, rok, celana serta coat.

12. Taffeta

Kain yang lembut dengan penampilan yang krispy. Bila dipakai bakal keluarkan nada yang “srek”. Handlingnya spesial serta kurang nyaman untuk digunakan. Umum dipakai untuk baju acara spesifik.

Nah dari ke 12 bahan sutra di atas, yang kerap saya jumpai serta beli atau jahit sih diantaranya : Taffeta, Dupion, Satin, Organza serta Sifone/Chiffone, sedang yang lain belum pernah .

Berharap diperhatikan, untuk type bahan sutra ini, biaya jahitnya di RJH tidak sama dengan bahan umum seperti katun ya , karna handlingnya lebih susah serta perlu kehati-hatian ^_^, termasuk saat dipakai oleh anda ya, cermati bila ini bahan sutra bukanlah denim yah

Postingan Populer